Our social:

Rabu, 09 Agustus 2017

Inilah Cara Membangun Kedekatan Antara Orangtua dan Anak


Peran orangtua terhadap daya tumbuh kembang anak sangatlah besar. Untuk itulah, kita sebagai orangtua harus benar – benar menyadari bahwa kedekatan antara orangtua dan anak harus ditumbuhkan sejak dini. Ya, kita harus menumbuhkan kedekatan sejak anak masih bayi. Selain itu, perkembangan bayi juga perlu kita perhatikan agar kita bisa memastikan bahwa anak tumbuh dengan sehat.

Sebagai orangtua, penting bagi kita untuk membangun kedekatan baik secara emosional maupun fisik. Lebih lengkapnya, berikut akan kami ulas tentang cara membangun kedekatan antara orangtua dan anak.

Abadikan Setiap Momen Berharga
Saat ini kita sudah hidup di jaman modern, banyak fasilitas canggih yang memudahkan. Salah satunya ada smartphone. Smartphone mempunyai fitur kamera canggih yang dapat kita manfaatkan untuk menjepret setiap momen berharga.
Capture setiap perkembangan yang terjadi pada anak. Misalnya saja ketika anak baru bisa tengkurap, duduk atau bahkan berdiri. Meski anak belum mengerti makna foto tersebut, tidak ada salahnya jika kita memperlihatkan foto pada anak.
Biasakan Anak untuk Tidur dalam Pelukan
Ketika anak masih berusia bayi, seringlah untuk melakukan skin to skin. Sekalipun anak tengah tidur. Dengan begitu anak akan merasa tenang dan nyaman karena bisa terlelap dalam pelukan kita. Anak juga akan merasa hangat dan terlindungi. Secara tidak langsung, hal sesederhana ini bisa membangun kedekatan antara kita dengan anak. Selain itu anak juga akan mengerti bahwa tempat ternyaman adalah berada dalam pelukan orangtua.
Tulis Jurnal Perkembangan
Adalah kebahagiaan tersendiri jika kita selalu mengetahui perkembangan bayi. Keinginan setiap orangtua sangat sederhana, ingin selalu menjadi orang pertama yang melihat bagaimana buah hatinya tumbuh dengan sehat dan cerdas.
Untuk itu, sebaiknya kita membuat jurnal perkembangan bayi agar kita senantiasa ingat momen – momen penting anak. Catat selengkap mungkin, agar kelak ketika anak sudah besar, kita bisa menunjukkan jurnal ini. Pastinya anak akan merasa senang karena merasa sangat diperhatikan dan dicintai.
Bermain Bersama
Agar kita bisa selalu dekat dengan buah hati, usahakan untuk senantiasa menemani anak. Termasuk mengajak anak bermain bersama. Mungkin anak belum mengerti arti kehadiran kita di sisinya, tapi secara emosional, hal ini bisa membuat anak lebih mengenal dan dekat dengan kita. Tentu kita sering mendengar ada kasus dimana anak malah akrab dan lengket dengan asisten rumah tangga. Wah, jangan sampai seperti ini ya.

Hal ini bisa terjadi karena kurangnya intensitas kebersamaan orang tua dengan anak sewaktu anak masih kecil. Disinilah pentingnya membangun kedekatan dengan anak sejak dini.

Ajak Anak Berkomunikasi
Saat anak masih berusia bayi dan belum bisa berbicara, sebagai orangtua kita harus rajin memberikan stimulus pada anak. Salah satunya adalah dengan sering mengajak anak untuk berkomunikasi. Walaupun anak belum bisa merespon melalui bahasa verbal, setidaknya anak pelan – pelan akan mulai merespon dengan gerak tubuh. Entah mengangguk, tersenyum atau bicara ala bayi.

0 komentar:

Posting Komentar