Mengenal Permainan Edukatif Untuk Anak


Masa kanak – kanak adalah masa yang penuh dengan dunia bermain. Meski begitu, tidak semua permainan yang ada baik untuk anak. Disinilah peran orangtua sangat diperlukan, sebab anak – anak belum bisa membedakan mana yang baik dan tidak. Untuk itu, Anda sebagai orangtua harus intens dalam mendampingi anak dengan memberikan permainan – permainan edukatif yang bisa melatih bahasa verbal maupun permainan untuk latih motorik anak.

Anak – anak akan langsung menyerap apa – apa yang didengar atau dilihatnya. Inilah mengapa lingkungan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Sebab jika anak berada di lingkungan negatif, bukan tidak mungkin anak akan terpengaruh. Disadari atau tidak, seperti itulah kenyataannya. Begitu pula sebaliknya, saat orangtua benar – benar memberikan lingkungan yang positif, maka anak pun akan tumbuh dengan jiwa yang positif.
Apabila Anda masih bingung dalam memberikan permainan edukatif untuk anak, mungkin beberapa permainan berikut ini bisa jadi referensinya.

1. Permainan dengan Bola

Tidak hanya untuk latih motorik anak, permainan bola ini juga dapat meningkatkan kosentrasi dan penglihatan anak. Sederhana saja, Anda bisa mengajak anak bermain dengan cara saling melempar dan menangkap bola. Mengajak serta teman – teman sebaya anak untuk turut memainkan permainan bola ini tentu lebih menyenangkan. Sesekali Anda juga bisa menyelingi dengan teknik tendang bola, lakukan dengan pelan agar anak tidak kesulitan untuk menangkapnya.

2. Permainan Sambung Kata

Permainan edukatif lainnya adalah sambung kata. Permainan ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan bicara dan memperkuat daya ingat anak. Bahkan kosentrasi anak juga akan meningkat dengan adanya permainan sederhana ini.

Anda bisa memulai permainan ini dengan membuat sebuah kalimat. Selanjutnya minta anak – anak untuk melanjutkan kalimat tersebut hingga menjadi sebuah cerita. Tidak harus menghasilkan cerita yang bagus, minimal anak sudah belajar untuk membuat kalimat.

3. Ajak Anak Menggambar, Mewarnai dan Merekatkan Kertas

Permainan edukasi selanjutnya berhubungan dengan kertas warna. Anak – anak menyukai sesuatu yang berwarna – warni. Sesuai dengan usia anak, kertas warna ini memang menunjukkan keceriaan anak. Anda bisa memulai permainan ini dengan mengajak anak untuk menggambar sebuah bentuk atau apapun yang disukai anak pada kertas warna. Atau tidak ada kertas warna bisa menggunakan kertas putih dan nanti bisa diwarnai dengan pensil warna atau spidol.

Setelah itu, ajak anak untuk menempelkan kertas warna tadi pada dinding atau buku gambar. Lakukan hal yang sama pada kertas warna yang lain. Dengan menggambar bentuk yang berbeda, tentu anak akan tetap semangat untuk melakukan permainan ini. Permainan ini dapat latih motorik anak dan daya konsentrasinya.

4. Tebak Benda Dalam Kantong atau Kain

Anak – anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, meski demikian, sebagai orangtua Anda harus tetap berusaha untuk memberikan stimulus yang baik untuk anak. Anda bisa mengajak anak untuk melakukan permainan tebak benda dalam sebuah kantong atau kain. Masukan beberapa benda ke dalam kantong, lalu mintalah anak untuk memasukan tangan ke dalam kantong agar bisa menebak benda yang ada dalam kantong.

Meski sangat sederhana, permainan ini dapat dijadikan sebagai permainan yang bisa latih motorik anak. Sebab anak akan memanfaatkan gerakan meraba dan indra penciuman agar bisa menebak dengan benar.

Demikian tadi beberapa macam permainan edukatif untuk anak. Sangat sederhana untuk dilakukan bukan? Walaupun sederhana, anak – anak akan sangat menyukainya. Supaya anak tidak bosan, Anda bisa melakukan permainan di atas secara silih berganti.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »