Alasan Mengapa Harus Beli Mobil Bekas Beserta Tips Membeli Mobil Idaman


Banyak alasan yang mendasari keinginan orang untuk membeli mobil bekas. Padahal jika dipikir – pikir, kenapa tidak sekalian membeli mobil baru ya. Hmm, relatif memang, karena kondisi finansial dan prioritas seseorang berbeda satu sama lain. Ada yang ingin beli mobil untuk menambah koleksi, ada pula yang ingin membeli mobil karena desakan kebutuhan mobilitas. Apapun tujuannya, sepertinya
promo kredit mobil masih jadi favorit banyak kalangan.



Lebih lengkapnya, berikut adalah alasan mengapa kita disarankan membeli mobil bekas.

Harga Lebih Bersahabat
Mobil bekas atau mobil second memiliki nilai jual yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan adanya nilai suatu barang setelah barang tersebut digunakan. Ini juga berlaku pada mobil bekas, kualitas mobil bekas tidak bisa disamakan dengan mobil baru. Jadi harga yang ditawarkan pun lebih murah. Penentuan harga ini pun juga berdasarkan kualitas mesin maupun bodi mobil bekas itu sendiri.

Biaya Bulanan yang Relatif Murah
Memiliki mobil keluaran terbaru juga dibarengi dengan keharusan kita untuk membayar biaya bulanan yang lebih mahal. Apalagi jika mobil baru yang dibeli adalah kendaraan mewah, perawatan dan pajaknya pun tentu mahal. Lain halnya dengan mobil bekas, dimana harga pajak maupun biaya premi bulanan lebih rendah.

Kualitas yang Bagus
Sebaik – baiknya kualitas mobil bekas memang tidak dapat menandingi kualitas mobil baru. Tapi jangan salah, kini banyak orang berduit yang menjual mobil barunya hanya karena ingin berganti jenis mobil yang sedang kekinian. Itu artinya, kita berkesempatan untuk mendapatkan mobil bekas dengan kualitas bagus. Kuncinya hanya satu, kita harus benar – benar cermat dan selektif saat memilih mobil bekas.

Solusi Berhemat
Sudah dibahas pada poin sebelumnya bahwa harga mobil bekas jauh lebih murah dibandingkan mobil baru. Beruntungnya lagi, ada penawaran kredit mobil yang dapat kita manfaatkan. Tentu ini menjadi solusi berhemat bagi kita yang tidak ingin shock karena melihat saldo tabungan yang digitnya berkurang secara massive.

Tips Membeli Mobil Idaman
Setelah mengetahui alasan kita membeli mobil bekas, berikut adalah tips membeli mobil idaman yang dapat kita terapkan.

Tentukan Budget dan Jenis Mobil
Dengan menentukan budget dan jenis mobil yang akan dibeli, ini akan membuat kita tidak kesulitan dalam memilih mobil saat berada di dealer mobil. Mengingat pilihan mobil sangat banyak, sebaiknya tentukan dulu jenis mobil mana yang diincar.

Pilih Sistem Pembayaran
Kita bisa memanfaatkan dua jenis pembayaran, bisa tunai maupun kredit. Ini harus disesuaikan dengan kemampuan finansial agar tidak memberatkan. Pertimbangkan dengan baik sistem mana yang harus diambil. Sebab keduanya memiliki kelebihan masing – masing. Pilihlah yang paling memudahkan dan meringankan kita, dengan mengambil kredit mobil bekas misalnya.

Uji Kelayakkan Mobil
Membeli pakaian saja kita harus teliti dan cermat, apalagi untuk membeli mobil, sudah pasti kita harus ekstra selektif. Untuk memastikan mobil dalam kondisi baik dan layak jalan, kita bisa memeriksa bagian bodi, mesin dan komponen mobil. Lakukan test drive agar lebih meyakinkan.

Periksa Kelengkapan Dokumen
Pastikan kita mengecek kelengkapan dokumen, mulai dari BPKB, STNK dan lain sebagainya. Ini untuk memastikan bahwa mobil yang akan dibeli adalah mobil yang legal dan bersurat resmi.


Demikian tadi beberapa alasan mengapa kita harus membeli mobil bekas sekaligus tips membeli mobil idaman yang dapat kita jadikan panduan saat membeli mobi. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »