https://norsk-apotek.com/augmentin-uten-resept/

Berikut Beberapa Tips Jitu Dalam Bermain Game Free Fire

05.27 Add Comment



Setelah sukses merilis game battle royale yang bernama Point Blank , kini developer Garena meluncurkan game battle royale untuk perangkat android . Ya, game tersebut bernama Free Fire, yang memang saat ini sedang menjadi perbincangan hangat dikalangan para gamers. Khususnya di Indonesia, masih ada saja sebagian dari para gamer pemulanya yang belum terlalu paham dengan game Free Fire tersebut. Nah, untuk mempersingkat waktu, berikut di bawah ini ada beberapa tips jitu dalam bermain game Free Fire agar kamu bisa menang terus : 
1. Carilah Lokasi Yang Tepat Saat Mendarat
Tidak berbeda jauh dengan game battle royale lainnya, dimana pada misi pertama untuk harus melakukan pendaratan di lokasi yang kamu pilih. Pada intinya, kamu harus melakukan pendaratan dilokasi yang aman dan jauh dari musuh-musuh. 
2. Pilih Senjata Yang Sesuai Kondisi
Dalam trik ini, kamu akan menjumpai banyak jenis senjata yang memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, kamu harus mempelajari terlebih dahulu jenis-jenis senjata yang ideal untuk digunakan di berbagai kondisi. Pasalnya, dalam menentukan menang atau kalahnya selama pertempuran. Pelajarilah jenis-jenis senjatanya mulai dari pistol, shotgun dengan damage terbesar (khusus perang jarak dekat), submachine guns (SMG) dengan damage serta range yang lumayan mengigit, light machine guns untuk memporak-porandakan musuh, assault rifles untuk bertahan di mid game, dan lain sebagainya .
3. Mengelola Barang Bawaan Di Inventori
Di awal permainan, biasanya para pemain akan melakukan loot sebanyak mungkin yang terkadang membuat kamu lupa untuk mengelola inventori yang tersimpan dalam tas anda. Oleh karena itu, kamu harus mengelola barang bawaan tersebut sehingga bisa mendapatkan item yang lebih banyak lagi. Selain itu, sebaiknya buang saja item-item yang sudah tidak kamu butuhkan lagi, yang contohnya seperti ammo shotgun yang biasa digunakan pada awal permainan, untuk diganti dengan bom. 
4. Mengganti Kendaraan
Tips jitu berikutnya yang harus kamu lakukan dalam bermain game Free Fire, yakni mengganti kendaraan. Daripada menggunakan kendaraan jenis gokar atau motor, sebaiknya kamu menggunakan mobil agar lebih cepat dalam pergerakkannya. Tak hanya itu, dengan menngunakan mobil ini juga dapat memberikan perlindungan dari serangan musuh secara tiba-tiba. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, fungsi dari mobil dapat kamu gunakan sebagai senjata ampuh dengan cara menabrakan ke musuh-musuh disekitar. Akan tetapi, kamu juga perlu memperhatikan soal bahan bakarnya, dan jangan sampai kamu kehabisan bensin di tengah jalan yang banyak musuh. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengganti mobil yang ditemui jika bahan bakarnya sudah mulai menipis.
5. Harus Melakukan Loot Di Bangunan Sekitar Secepat Mungkin
Ketika kamu sudah mendarat dengan selamat tanpa ada gangguan dari musuh, usahakan untuk segera melakukan looting bangunan yang ada di sekitarmu. Dalam hal ini, ambil semua item yang benar-benar kamu butuhkan seperti senjata, medical kit, amunisi, armor, serta peningkatan lainnya. Di awal game, kamu pun tidak perlu lagi repot untuk menentukan jenis senjata, meskipun hanya sekedar jenis pistol.
Itulah beberapa tips bermain game free fire bagi pemula, agar kamu tidak mudah kalah. Disamping itu, kamu juga harus beli Diamond Free Fire untuk melengkapi kebutuhan itemnya. Nah, bagi kamu yang ingin beli Diamond Free Fire dengan harga murah, silahkan kunjungi Upoint.id sekarang juga!



4 Smartphone Xiaomi yang Siap Mendukung Hobi Fotografi Kamu

00.33 Add Comment
Xiaomi menjadi salah satu vendor smartphone yang sampai hari ini masih digandrungi banyak orang. Dikenal sebagai smartphone yang spesifikasinya canggih dan harganya terjangkau menjadikan Xiaomi semakin populer di semua kalangan. Ya, smartphone ini menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin mempunyai smartphone canggih namun memiliki budget minim.

Menjadi kabar bahagia juga bagi jika kamu yang gemar fotografi. Hal ini karena Xiaomi senantiasa menyematkan kamera terbaiknya di setiap produk smartphone yang diproduksinya. Meski sekadar kamera smartphone, foto dari kamera Xiaomi ini tidak kalah bokehnya dengan kamera mahal lainnya.
Lantas smartphone Xiaomi tipe apa saja kah yang disarankan bagi kamu yang ingin mengembangkan hobi fotografi? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Xiaomi Pocophone F1

Smartphone Pocophone F1 ini dibekali dengan dual kamera belakang yang mengandalkan sensor 12MP dan 5MP. Sensor yang digunakan merupakan sensor dari Samsung dan Sony. Pada kamera beresolusi 12MP ini memanfaatkan sensor dari Sony IMX363 lengkap dengan dual pixel autofocus. Sementara itu, untuk kamera 5MP-nya mengusung sensor dari Samsung.

Sedangkan untuk kamera sekundernya, Pocophone F1 dibekali kamera dengan resolusi 20MP. Bukan hanya itu saja, pada kamera depannya ini juga didukung teknologi Super Pixel dimana akan menambah kejernihan hasil jepretan kamu.

2. Xiaomi Redmi Note 7

Sama halnya dengan Xiaomi Pocophone F1, Redmi Note 7 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur dual kamera. Resolusi dari fitur dual kamera ini pun tak tanggung-tanggung, yakni 48MP. Konfigurasi lengkapnya adalah 48MP dan 5MP yang mana untuk kamera 48MP ini telah menggunakan sensor Samsung GM1 dengan aperture f/1.8.

Fitur dual kamera ini juga sudah dilengkapi dengan dual-LED flash monokrom, PDAF teknologi Ai maupun EIS. Lalu untuk kamera depannya memiliki resolusi sebesar 13MP yang juga telah disematkan fitur Al face unlock, Al single shot blur, AI smart beauty serta HDR. Dengan fitur dual kamera ditambah dengan kamera depan yang super canggih ini tentu akan memudahkan kamu menghasilkan foto-foto yang ciamik.

3. Xiaomi Mi A2

Masih dengan smartphone dual kamera, pada Mi A2 ini Xiaomi menyematkan konfigurasi 12MP dan 20MP. Xiaomi Mi A2 ini juga sudah didukung oleh sensor Sony. Untuk kamera resolusi 20MP, sensor yang digunakan merupakan sensor dari Sony IMX376 yang juga dilengkapi dengan aparture f/1.8. Sementara itu, untuk kamera resolusi 12MP mengandalkan sensor Sony IMX486.

Sedangkan untuk kamera depannya disematkan kamera beresolusi 20MP dengan aperture f/2.2. Hasil foto kamu akan semakin keren karena kamera dari Xiaomi Mi A2 ini sudah didukung teknologi Ai.

4. Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Redmi Note 6 Pro menjadi smartphone pertama dari Xiaomi yang sudah didukung dengan 4 kamera AI. Yakni dua kamera di sisi depan, dan dual kamera di sisi belakang. Untuk kamera belakangnya dikonfigurasi dengan kamera beresolusi 12MP dan 5MP lengkap dengan fitur depth sensor.

Lalu untuk kamera depannya memiliki resolusi 20MP lengkap dengan 4-in-1 pixel binning dan 2MP yang juga didukung depth sensor.


Demikianlah 4 smartphone Xiaomi yang sudah memiliki kamera berteknologi canggih. Hari ini tidak sulit bagi kamu untuk menghasilkan foto yang keren dan bokeh. Tidak harus bergantung pada kamera mahal, sebab kamera bawaan smartphone juga sudah mumpuni untuk dijadikan alat fotografi kamu. Jadi, smartphone Xiaomi mana kah yang akan kamu beli? Pastikan memilih sesuai kebutuhan dan budget yang kamu miliki ya!

Katalog Online Spare Part Motor Yamaha

14.48 Add Comment

Seperti yang kita semua tahu bahwa Yamaha merupakan salah satu perusahaan motor yang besar dan suda lama berdiri . Meskipun dari namanya kita tahu bahwa nama ini berasal dari Jepang, namun kini di Indonesia sudah banyak sekali dan hampir di seluruh penjuru dunia ada dealer Yamaha yang siap melayani dan membantu anda untuk menemukan produk Yamaha tersebut. Yamaha berdiri dan beroperasi hingga kini tidak hanya menyediakan produk motor dan mobil yang hingga kini diminati oleh kebanyakan orang akan tetapi Yamaha kini juga hadir menyediakan banyak sekali kebutuhan dan juga perlengkapan motor untuk siapa saja yang ingin memperbaiki performa motornya tersebut. perlengkapan motor atau istilahnya onderdil ini seringkali kita kenal dengan sebutan spare part motor. Tentu saja hal ini menjadi kesenangan tersendiri bagi siapa saja yang menyukai dunia otomatif. Dengan banyaknya produk perlengkapan yang disediakan oleh Yamaha tersebut maka pihak Yamaha tentu sudah memberikan katalog atau gambaran dari beberapa perlengkapan motor yang diproduksinya tersebut. 

Katalog yang disediakan oleh Yamaha ini bisa anda lihat pada website resmi milik Yamaha. Namun sayangnya jika anda hanya melihat katalog pada website tersebut belum tentu anda bisa secara langsung melakukan transaksi untuk membeli atau belanja setiap produk perlengkapan part motor dari Yamaha tersebut yang sekiranya anda minati. Nah anda tak perlu khawatir lagi karena kini anda sudah bisa menggunakan aplikasi terbaru dari Yamaha yang dijamin akan sangat membantu anda untuk belanja dan mencari part motor yang anda butuhkan. Aplikasi yang dimilik Yamaha ini tergolong merupakan system aplikasi terbaru yang kini sudah bisa anda pasang pada perangkat android atau apple milik anda. Dengan menggunakan aplikasi ini tak ayal segala keinginan anda untuk melihat berbagai pilihan part number atau perlengkapan motor lainnya bisa anda dapatkan dengan mudah. Nah dalam aplikasi tersebut tentu saja anda bisa melihat segala isi katalog online yang telah disediakan untuk anda. Beberapa konten yang ada pada katalog online tersebut antara lain seperti :
    Part dan aksesoris. Di sini anda bisa melihat beragam aksesoris motor Yamaha yang bisa anda koleksi. Anda bisa mellihat ragam dan detail dari produk akseoris tersebut yang sekiranya anda minati. Bahkan tidak hanya itu, anda pun bisa melihat harga yang tertera sehingga anda bisa memperkirakan biaya yang akan anda keluarkan untuk perlengkapan motor yang anda inginkan tersebut.
         Selain dapat melihat beragam aksesorsi motor, anda pun bisa melihat beragam produk motor yang disediakan oleh Yamaha sekaligus detail produk dan juga harga pasarannya.
    Anda juga bisa melihat produk helm yang diproduksi oleh Yamaha dengan segala bentuk dan warnanya yang menarik. Anda hanya tinggal memainkan smartphone anda untuk melihat katalog online dari Yamaha tersebut.
    Dealer. Bahkan dalam aplikasi tersebut anda juga bisa melihat katalog dari daftar nama dealer beserta alamat dealer dari Yamaha yang ada di seluruh penjuru Indonesia ini. 
Dengan menggunakan system yang sudah terancang dengan baik maka aplikasi ini selain dapat melayani anda dalam melihat isi katalog online juga akan memudahkan anda untuk melakukan pembelian part motor yang sekiranya anda minati tersebut. kesalahan part number sangat kecil kemungkinan terjadi karena aplikasi spare part tersebut telah menggunakan system computer yang telah dirancang dengan sedemikian rupa.

Vaksinasi DPT, Solusi Pencegahan Difteri dan Efek Samping

14.11 Add Comment

Difteri
merupakan penyakit yang banyak terjadi di dunia beberapa tahun belakangan. Indonesia pun menetapkan penyebaran penyakit ini  sebagai salah satu kejadian luar biasa atau KLB pada tahun 2017 lalu. Penyakit ini bisa saja memicu komplikasi sehingga menyebabkan kematian dikalangan anak-anak hingga orang lanjut usia. Sebenarnya adakah cara mencegah penyebaran penyakit mematikan satu ini sejak dini?

Cara mencegah penyakit difteri pada anak-anak
Anak-anak yang berusia dibawah lima tahun lebih rentan terkena penularan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh si kecil masih belum sempurna. Faktor lingkungan yang tidak sehat, bepergian ke daerah endemik hingga tertular penyakit dari batuk atau bersin dan melakukan kontak langsung dengan penderita sangat mempengaruhi.

Selain memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri sejak awal, ada solusi mencegah penularan penyakit difteri dengan cara vaksinasi. Ya, vaksinasi DPT merupakan langkah mencegah tertular penyakit sejak usia si kecil baru berusia 2 bulan lho! Yuk, simak mengenai vaksinasi DPT berikut ini!

Vaksinasi DPT, manfaat dan efek samping
Vaksinasi DPT atau terdiri dari singkatan kata difteri, ertusis dan tetanus ini merupakan imunisasi yang wajib diberikan pada balita. Masing-masing jenis penyakit yang disebutkan memiliki risiko dan komplikasi yang bisa berujung pada kematian. Demi menekan angka kematian bayi akibat tiga penyakit tersebut, pemerintah mencanangkan wajib imunisasi sejak usia dini.

Pemberian vaksinasi DPT sendiri bisa mencegah si kecil terkena penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini. Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai penyebaran penyakit difteri yang semakin parah. Pasalnya, si kecil sudah terlindungi dari risiko penyakit yang menimbulkan gejala tenggorokan tertutup selaput lendir keabu-abuan ini. Jika tidak segera ditangani, gejala penyakit ini bisa menyebabkan si kecil mengalami sulit bernapas dan menelan makanan.

Pemberian vaksinasi DPT akan dilakukan tenaga medis selama lima kali yaitu saat bayi berusia 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan. Setelah itu, pemberian keempat akan dilangsungkan saat anak berusia 18 bulan sedangkan vaksinasi DPT terakhir pada rentang usia 5 tahun.

Anda wajib tahu bahwa pemberian DPT ini wajib dijadwalkan agar kesehatan si kecil terjaga dengan baik. Imunisasi harus diulang selama 10 tahun sekali untuk menghindari tertular penyakit mematikan. Vaksinasi lanjutan tidak disarankan bila anak mengalami rekasi alergi berat dan mengalami gangguan sistem syaraf dan otak selama seminggu setelah vaksinasi.

Efek samping pemberian vaksinasi DPT pada anak
Sebaiknya orangtua segera membawa si kecil melakukan pemeriksaan ke dokter bila mengalami efek samping vaksinasi. Anda wajib waspada bila si kecil mengalami demam di atas 40 derajat celsius, terus menangis selama kurang lebih 3 jam dan anak mengalami kejang atau pingsan pasca vaksinasi DPT.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika si kecil menunjukkan reaksi efek samping vaksinasi DPT yang wajar. Efek samping yang biasa terjadi antara lain si kecil mengalami demam ringan, bengkak pada bagian yang disuntik, kulit bekas suntikan merah dan terasa sakit, mengalami lelah dan rewel. Efek samping tersebut merupakan reaksi normal setelah si kecil mendapatkan vaksinasi DPT. Jadi, Anda tidak perlu khawatir berlebihan ya!


Vaksinasi DPT merupakan solusi pencegahan penyakit sejak anak masih berusia dini. Sangat jarang terjadi efek samping buruk seperti kejang, koma hingga kerusakan otak pada si kecil yang baru saja menjalani vaksinasi. Sebaiknya Anda selalu melakukan konsultasi dengan dokter mengenai jadwal imunisasi yang tepat! Yuk, lindungi buah hati Anda dari penyakit difteri yang bisa menyebabkan kematian!
https://norsk-apotek.com/generisk-flagyl/

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memberikan ASI Eksklusif

21.59 Add Comment

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga perlu mendapatkan asupan gizi setiap harinya. Perbedaannya, asupan gizi yang dibutuhkan orang dewasa tidak sama dengan bayi karena bayi belum dapat mengonsumsi makanan selayaknya orang dewasa. Untuk itu, setiap bayi perlu mendapatkan asupan gizi dengan cara memberikan ASI atau Air Susu Ibu kepada bayi yang baru lahir.

ASI Eksklusif merupakan hal penting yang dibutuhkan setiap bayi. Karena, ASI Eksklusif dapat membantu bayi yang baru lahir agar dapat memiliki asupan gizi yang optimal. Selain itu, ASI Eksklusif juga dapat membangun kedekatan antara bayi dan sang ibu sehingga sangat penting untuk diberikan kepada anak Anda yang baru lahir. Tapi, tahukah Anda bahwa pemberian ASI juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan? Ya, beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan saat memberikan ASI Eksklusif untuk anak Anda.

Nutrisi sang Ibu
Komposisi ASI yang Anda berikan kepada anak Anda akan memberikan nutrisi yang berguna untuk proses tumbuh kembangnya. Namun, tahukah Anda darimana nutrisi tersebut berasal? Ya, nutrisi tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu sehingga secara tidak langsung apa yang dikonsumsi oleh sang ibu akan dikonsumsi pula oleh anak yang disusui. Oleh karena itu, selalu perhatikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi agar nutrisi yang Anda berikan kepada anak Anda juga dapat optimal.

Usahakan Menyusui langsung
Untuk memberikan ASI, ada dua cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan cara menyusui secara langsung dengan mendekatkan mulut bayi ke puting susu atau dengan cara memberikan susu yang telah diperas sebelumnya melalui botol susu. Pemberian susu secara langsung sangat dianjurkan karena dapat mendorong anak Anda untuk mendapatkan stimulus dari proses menyusui. Selain itu, menyusui secara langsung juga dipercaya dapat membangun kedekatan antara sang ibu dan sang anak sehingga sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Menyimpannya secara tepat

Jika Anda tengah bepergian dan ingin memberikan ASI secara tidak langsung, maka Anda dapat memberikannya dengan cara menyimpan ASI tersebut terlebih dahulu. Pastikan Anda telah mengetahui cara menyimpan ASI yang tepat. Karena penyimpanan yang salah dapat menimbulkan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan bayi. 

6 Lokasi Penginapan Strategis di jogja

01.30 Add Comment
Siapa yang tak kenal dengan kota Jogja ? kota yang ribuan pelajar dan kearifan lokalnya. Bisa dibilang bahwa Jogja merupakan miniatur Indonesia. Selain dikenal sebagai kota pendidikan, Jogja juga kental dengan sebutan kota budaya. Sesuai dengan namanya Jogja begitu istimewa bagi penduduk setempat maupun pendatang atau wisatawan. Disamping budaya kekinian sudah mulai berkembang, namun budaya Jawa masih sangat kental. Walaupun keduanya berbeda, tapi bisa saling berdampingan.

Jogja menjadi salah satu sasaran destinasi wisata para traveler. Kenapa demikian? Di Jogja banyak sekali tempat-tempat unik dan apik untuk bisa dikunjungi. Pertama, kamu bisa mengunjungi pusat batik sekaligus bisa melihat seperti apa proses pembuatannya. Selanjutnya, kamu bisa melihat budaya Jawa yang sangat kental di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain budaya kamu bisa mendatangi berbagai tempat wisata seperti wisata alam, wisata budaya, wisata modern, dan berbagai pertunjukan yang ada di kota ini.

Saat merencanakan destinasi wisata ke kota ini, kamu perlu untuk memikirkan kemana kamu akan menginap. Saat ini banyak sekali kost yang dibuka secara harian dengan fasilitas yang tidak kalah dengan model hotel. Kamu bisa mencarinya di mamikos.com dengan cara membuka website atau aplikasi mamikos, contoh saja kost bebas jogja. Untuk mempermudah pencarian kamu bisa download aplikasinya di playstore. Berikut beberapa penginapan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi :


1. Kost DJava Homestay Yogyakarta

Kost ini terletak di Jalan  Timuran MG III Brontokusuman Mergangsan Yogyakarta. Kost dengan harga 225 ribu ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti AC, almari, kasur, wastafel, kulkas dan akses internet. Selain fasilitas tadi, kamu juga tidak perlu setiap hari untuk membersihkan kamar karena kamu akan mendapatkan fasilitas cleaning service. Untuk akses kost sangat strategis dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti mini market, atm, kampus dan halte.


2. Kost Pesona Jogja Umbulharjo Yogyakarta

Kost Pesona terletak di Gang Pandu nomor 484 Celeban UH III Yogyakarta. Untuk harga per malam kost ini 250 ribu. Untuk fasilitas pun juga lengkap seperti kamar mandi dalam lengkap dengan wastafel, kloset duduk, shower, dan air panas. Selain itu kelengkapan lainnya seperti kasur, almari, AC, akses kunci 24 jam , dan disini bisa untuk pasangan suami istri.


3. Kost Nugraha Sleman Yogyakarta

Jika kamu ingin mencari penginapan di area kota, kamu bisa menginap disini. Kost Nugraha terletak di Jalan Jembatan Merah V nomor 61 Condongcatur Kecamatan Depok Yogyakarta. Untuk harga yang ditawarkan per malamnya adalah 200 ribu. Fasilitas pun lengkap seperti kamar mandi dalam, kasur, almari, AC, dan akses kunci 24 jam. Karena letaknya sangat strategis, kamu akan dimudahkan untuk pergi kemana saja.


4. Kost Bejo Nerimo Family Guest House Yogyakarta

Siapa yang tidak kenal dengan Tugu Jogja? Sebagai icon kota Jogja, tugu ini terletak sangat strategis ditengah kota. Jika kamu ingin pergi ke Tugu untuk berfoto atau mengunjungi Malioboro, kamu bisa menginap di Kost Bejo yang terletak di Gowongan Lor nomor 15 Yogyakarta. Selain menghemat waktu untuk menghadapi kemacetan di jalan, kamu pun bisa dengan jalan kaki untuk kesana. Cukup dengan membayar 275 ribu kamu bisa menginap dengan fasilitas lengkap.


5. Kost Naya Depok Sleman

Kost Naya terletak di Jalan Wahid Hasyim nomor 216 Nologaten Depok Yogyakarta. Dengan harga 150 ribu kamu bisa menginap disini dan mendapatkan fasilitas lengkap. Seperti kamar mandi dalam, air panas, AC, kasur, almari, TV, TV kabel dan juga akses internet.


6. Kost Cempaka Depok Sleman

Kost ini terletak di Jalan Cempaka nomor 3 Gejayan Sleman Yogyakarta. Jika kamu ingin menginap disini cukup dengan harga 150 ribu. Fasilitas pun lengkap seperti kamar mandi dalam, kasur, almari, AC, dan akses internet secara gratis. Untuk lokasi kost ini juga sangat strategis untuk ke pusat kota.

Online Shopping : Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera Mirrorless

22.30 Add Comment


Saat ini tren
d memakai kamera mirrorless semakin meningkat. Terbukti dengan setiap orang yang berlomba-lomba menampilkan foto terbaik melalui media sosial. Selain diambil menggunakan kamera smartphone, salah satu kamera yang paling banyak digunakan saat ini adalah kamera mirrorless. Kamera ini bisa dibeli di toko-toko kamera atau juga bisa dibeli melalui online shopping.

Keunggulan Kamera Mirrorless

Kamera jenis mirrorless memang mempunyai keunggulan dibandingkan kamera smartphone ataupun kamera SLR. Kamera mirrorless mempunyai kualitas gambar yang lebih baik dan bisa digunakan dalam kondisi dengan minim cahaya jika dibandingkan dengan kamera smartphone. Untuk body kamera, mirrorless mempunyai bentuk lebih ringkas dan material yang juga lebih ringan jika dibandingkan dengan kamera SLR.

Inilah yang membuat kamera mirrorless banyak digunakan orang-orang saat ini. Lalu apa saja yang perlu dipertimbangkan jika ingin membeli kamera mirrorless?

1.      Memperhatikan ukuran sensor
Hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran sensor. Jika Anda membeli kamera mirrorless dengan sensor yang lebih besar, otomatis kualitas gambar juga semakin baik.

Saat ini banyak kamera mirrorless yang kualitas gambarnya sama dengan kamera SLR. Misalnya kamera mirrorless yang mempunyai sensor full frame. Namun, sayangnya harga kamera ini masih cukup mahal untuk ukuran mirrorless. Anda bisa memilih kamera dengan sensor yang minimal sudah mengusung APS-C atau Four Thirds System.

2.      Jangan berpatokan dengan ukuran megapixel
Sebenarnya, ukuran megapixel pada kamera saat ini sudah tidak terlalu menjadi pertimbangan yang paling utama ketika membeli kamera. Hal yang dipertimbangkan yaitu sensor dan juga kualitas lensa yang dipakai. Karena beberapa lensa memang harganya hampir sama dengan harga body kamera.

Maka dari itu, sebelum Anda membeli kamera mirrorless, pertimbangkan juga harga lensanya agar nanti ketika ingin menambah lensa baru, Anda tidak terlalu keberatan dalam mengeluarkan budget. Lensa kamera ada berbagai macam, bisa Anda dapatkan di toko-toko kamera atau juga bisa membelinya melalui online shopping.

3.      Pertimbangkan harga aksesoris beserta lensa tambahan
Beberapa orang terkadang masih mempertimbangkan mengenai harga dari aksesoris kamera. Misalnya untuk baterai cadangan, bisa mencapai harga satu jutaan. Tetapi, ini sudah termasuk ke dalam jaminan garansi dan tidak akan mempengaruhi kamera ketika nantinya digunakan.

Bisa disimpulkan pertimbangan untuk membeli kamera mirrorless salah satunya adalah mempertimbangkan harga aksesorisnya, sehingga nanti tidak melebihi dari budget yang sudah ditentukan. Minimal Anda perlu menyediakan budget 10 persen dari harga kamera yang telah diincar untuk melengkapi aksesoris tambahannya.

4.      Beli dari distributor resmi Indonesia
Beberapa dari kamera mirrorless ada yang dijual oleh distributor resmi ataupun distributor melalui toko sehingga harganya lebih murah. Contohnya kamera fuji, Anda harus memastikan untuk mendapat garansi resmi dari PT Fujifilm Indonesia.

Sedangkan untuk kamera dengan merk Sony, pastikan mendapat garansi dari PT Sony Indonesia, dan lain sebagainya. Garansi distributor resmi tersebut sudah terjamin dan menjadi rujukan beberapa konsumen.

Jika Anda membeli kamera mirrorless dengan online shopping, perlu juga untuk memastikan kamera sudah dijamin garansinya dari beberapa distributor resmi.

5.      Lakukan survei harga
Sebelum membeli kamera mirrorless, pastikan Anda sudah mengetahui spesifikasi dari kamera yang akan dibeli dan juga kelengkapan apa saja yang akan didapatkan. Biasanya beberapa toko, khususnya toko online berlomba-lomba memikat calon konsumen.

Misalnya dengan memberi bonus berupa tas kamera, cleaning kit, atau memory card. Dengan begitu, Anda mempunyai banyak pilihan untuk mendapat kamera terbaik dengan harga yang sesuai.

Itu dia beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kamera mirrorless. Semoga bisa membantu Anda yang ingin membeli kamera tersebut. Beragam merk dari kamera mirrorless bisa Anda beli melalui online shopping, dengan begitu Anda bisa menghemat waktu, tenaga, dan juga budget. Apalagi jika ada bonus di marketplace online seperti potongan harga atau voucher diskon, tentu akan sangat menguntungkan.