Pompa Air Tanpa Listrik dan Manfaat yang Dapat Langsung Anda Rasakan


Pompaair tanpa listrik
 merupakan pompa air yang memindahkan air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi dengan cara menggunakan energy pada aliran air maupun menggunakan energy yang didapatkan dari aliran air dengan jumlah yang besar serta tidak terlalu tinggi dan dengan jumlah air yang lebih sedikit atau hasil dari energy gravitasi. Banyaknya air yang nantinya akan dipindah ke atas pun akan tergantung dari adanya perbedaan tinggi antara pipa yang masuk dengan pipa yang keluar yaitu antara 1 hingga 20 persen dari air yang nantinya akan diterima.

Banyak sekali keuntungan yang akan Anda rasakan dengan menggunakan pompa air ini karena untuk menggunakannya pun Anda tidak perlu aliran listrik, sehingga sangatlah menghemat tagihan listrik Anda pada setiap bulannya. Sedangkan kehadiran pompa air yang tanpa menggunakan aliran listrik ini pun salah satu bukti dari adanya perkembangan jaman yang sudah dapat dirasakan oleh semua orang mengenai keuntungan dari pompa air ini, sehingga wajar saja bila alat yang satu ini sedang banyak diincar oleh para masyarakat setempat.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan dari penggunaan pompa air tanpa listrik ini, yaitu sebagai berikut ini:


  1.    Dalam hal perakitan serta konstruksi dapat dilakukan dengan cara yang mudah.
  2.  Tidak perlu membutuhkan bahan bakar minyak, genset maupun listrik, sehingga sangatlah menghemat kantong.
  3. Untuk perawatannya pun juga sangatlah mudah bahkan tidak membutuhkan perawatan yang ekstra.
  4.  Pompa air ini akan terbebas dari yang namanya polusi udara.
  5.  Pompa air ini mampu bekerja hingga 24 jam.

Setelah keuntungan yang ada di atas, maka Anda pun juga dapat menyimak mengenai bagian-bagian yang ada pada pompa air ini, yaitu sebagai berikut ini:


1.       Bak penampung air masuk.

Pada bagian ini digunakan untuk menyaring air yang dihasilkan dari sampah serta kotoran yang terdapat pada sungai.

2.       Drive pipe.

Bagian ini digunakan untuk bahan yang kuat dan kaku karena bahan yang sifatnya elastis akan membuat suatu energy yang mudah hilang.

3.       Impulse valve atau waste valve.

Bagian ini untuk naik turunnya yang terbuat dari plate pvc serta alumunium yang terbuat dari tirus yang ada pada bagian bawahnya yang telah dilapisi karet bagian atasnya.

Sedangkan untuk prinsip operasi dari pompa air ini energi yang akan membuat pompa air ini mengangkat air ke tempat yang lebih tinggi ini akan di dapatkan dari jatuhnya suatu air ke bawah, hal ini pun disebabkan karena adanya gravitasi. Air bak penampungan atau air sumber yang masuk serta melalui pompa air ini akan memenuhi pada ruang serta pada sebagian dari keluar dengan melalui impulse valve sehingga hal ini akan membuat valve ini akan menjadi tertutup, baru kemudian air akan masuk ke tabung vacum dan juga pada delivery pipe.

Kegunaan pompa air tanpa listrik ini pun sudah dapat dirasakan oleh para masyarakat setempat yang justru sangat menyukai pompa air ini karena akan sedikit menghemat tenaga listrik, serta alat ini pun juga sangatlah mudah untuk dilakukan serta untuk peralatannya pun juga dapat dilakukan dengan cara yang mudah, bahkan untuk alat ini pun tidak perlu menggunakan perawatan yang khusus sehingga sangatlah memudahkan para masyarakat setempat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »