Online Shopping : Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera Mirrorless



Saat ini tren
d memakai kamera mirrorless semakin meningkat. Terbukti dengan setiap orang yang berlomba-lomba menampilkan foto terbaik melalui media sosial. Selain diambil menggunakan kamera smartphone, salah satu kamera yang paling banyak digunakan saat ini adalah kamera mirrorless. Kamera ini bisa dibeli di toko-toko kamera atau juga bisa dibeli melalui online shopping.

Keunggulan Kamera Mirrorless

Kamera jenis mirrorless memang mempunyai keunggulan dibandingkan kamera smartphone ataupun kamera SLR. Kamera mirrorless mempunyai kualitas gambar yang lebih baik dan bisa digunakan dalam kondisi dengan minim cahaya jika dibandingkan dengan kamera smartphone. Untuk body kamera, mirrorless mempunyai bentuk lebih ringkas dan material yang juga lebih ringan jika dibandingkan dengan kamera SLR.

Inilah yang membuat kamera mirrorless banyak digunakan orang-orang saat ini. Lalu apa saja yang perlu dipertimbangkan jika ingin membeli kamera mirrorless?

1.      Memperhatikan ukuran sensor
Hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran sensor. Jika Anda membeli kamera mirrorless dengan sensor yang lebih besar, otomatis kualitas gambar juga semakin baik.

Saat ini banyak kamera mirrorless yang kualitas gambarnya sama dengan kamera SLR. Misalnya kamera mirrorless yang mempunyai sensor full frame. Namun, sayangnya harga kamera ini masih cukup mahal untuk ukuran mirrorless. Anda bisa memilih kamera dengan sensor yang minimal sudah mengusung APS-C atau Four Thirds System.

2.      Jangan berpatokan dengan ukuran megapixel
Sebenarnya, ukuran megapixel pada kamera saat ini sudah tidak terlalu menjadi pertimbangan yang paling utama ketika membeli kamera. Hal yang dipertimbangkan yaitu sensor dan juga kualitas lensa yang dipakai. Karena beberapa lensa memang harganya hampir sama dengan harga body kamera.

Maka dari itu, sebelum Anda membeli kamera mirrorless, pertimbangkan juga harga lensanya agar nanti ketika ingin menambah lensa baru, Anda tidak terlalu keberatan dalam mengeluarkan budget. Lensa kamera ada berbagai macam, bisa Anda dapatkan di toko-toko kamera atau juga bisa membelinya melalui online shopping.

3.      Pertimbangkan harga aksesoris beserta lensa tambahan
Beberapa orang terkadang masih mempertimbangkan mengenai harga dari aksesoris kamera. Misalnya untuk baterai cadangan, bisa mencapai harga satu jutaan. Tetapi, ini sudah termasuk ke dalam jaminan garansi dan tidak akan mempengaruhi kamera ketika nantinya digunakan.

Bisa disimpulkan pertimbangan untuk membeli kamera mirrorless salah satunya adalah mempertimbangkan harga aksesorisnya, sehingga nanti tidak melebihi dari budget yang sudah ditentukan. Minimal Anda perlu menyediakan budget 10 persen dari harga kamera yang telah diincar untuk melengkapi aksesoris tambahannya.

4.      Beli dari distributor resmi Indonesia
Beberapa dari kamera mirrorless ada yang dijual oleh distributor resmi ataupun distributor melalui toko sehingga harganya lebih murah. Contohnya kamera fuji, Anda harus memastikan untuk mendapat garansi resmi dari PT Fujifilm Indonesia.

Sedangkan untuk kamera dengan merk Sony, pastikan mendapat garansi dari PT Sony Indonesia, dan lain sebagainya. Garansi distributor resmi tersebut sudah terjamin dan menjadi rujukan beberapa konsumen.

Jika Anda membeli kamera mirrorless dengan online shopping, perlu juga untuk memastikan kamera sudah dijamin garansinya dari beberapa distributor resmi.

5.      Lakukan survei harga
Sebelum membeli kamera mirrorless, pastikan Anda sudah mengetahui spesifikasi dari kamera yang akan dibeli dan juga kelengkapan apa saja yang akan didapatkan. Biasanya beberapa toko, khususnya toko online berlomba-lomba memikat calon konsumen.

Misalnya dengan memberi bonus berupa tas kamera, cleaning kit, atau memory card. Dengan begitu, Anda mempunyai banyak pilihan untuk mendapat kamera terbaik dengan harga yang sesuai.

Itu dia beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kamera mirrorless. Semoga bisa membantu Anda yang ingin membeli kamera tersebut. Beragam merk dari kamera mirrorless bisa Anda beli melalui online shopping, dengan begitu Anda bisa menghemat waktu, tenaga, dan juga budget. Apalagi jika ada bonus di marketplace online seperti potongan harga atau voucher diskon, tentu akan sangat menguntungkan.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »