Tips Merawat Motor Honda CBR


Harga honda CBR yang terjangkau tentunya banyak pembeli beralih untuk membeli motor honda CBR. Selain bentuk rangkanya yang elegan dan bagus motor honda CBR juga termasuk motor sport yang hemat bahan bakar serta ramah lingkungan. Dengan bentuk rangka yang besar dan memiliki banyak kelebihan tentunya cara perawatannya pun harus ekstra. Apabila anda lebih sering menggunakan motor tentunya anda wajib untuk melakukan perawatan atau pemeriksaan rutin minimal satu bulan sekali. Hal tersebut berfungsi untuk menjaga performa motor agar tetap stabil dan handal. Selain itu dapat mengetahui secara cepat apabila ada kerusakan – kerusakan yang terjadi pada sparepart motor. Penggantian sparepart motor honda CBR harganya relatif mahal. Oleh karena itu sangat penting dilakukan pemeriksaan secara berkala.

Bagaimana cara merawat motor honda CBR?
Agar motor honda CBR anda lebih awet dalam pemakaian, anda harus melakukan perawatan pada motor. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan:
1.     Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan performa motor. Hal tersebut tentunya akan membuat mesin motor anda lebih awet. Jika menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kebutuhan motor akan menyebabkan mesin motor bekerja dengan keras sehingga membuat mesin cepat panas yang dapat memicu terjadinya kerusakan.
2.     Hidupkan mesin motor secara teratur. Anda dapat menghidupkan mesin motor setiap pagi walaupun tidak akan digunakan. Hal tersebut berfungsi agar oli pada mesin dapat menyebar ke seluruh bagian mesin sehingga dapat anda gunakan kapanpun.
3.     Gunakan oli yang sesuai dengan mesin motor anda. Bukan hanya bensin yang harus sesuai pengisiannya, oli pun demikian. Motor honda CBR biasanya menggunakan oli yang bersertifikat API SJ/SL/SM/SN dan JASO MA/MA2. Oli yang digunakan sebaiknya memiliki kekentalan antara sekitar 10W-30 sampai dengan 15W-40.
4.     Periksa busi dan saringan udara secara berkala. Pada umumnya pemeriksaan busi dapat dilakukan pada semua jenis motor. Hal tersebut berguna karena busi memiliki peranan yang sangat penting pada motor. Oleh karena itu busi harus selalu dibersihkan dari proses pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Apabila hal tersebut terjadi maka bahan bakar tidak dapat mengalir secara baik.
5.     Usahakan kondisi Accu selalu baik. Accu berfungsi sebagai pengganti listrik pada motor. Apabila accu mati atau habis maka klakson ataupun speedometer anda tidak akan menyala karena suplai listrik sudah habis. Maka dari itu anda perlu memeriksa accu minimal satu bulan sekali.
6.     Lakukan servis pada kendaraan. Servis merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Batas servis tergantung dari jarak yang telah ditempuh. Beberapa kendaraan memiliki batas jarak yang berbeda – beda tetapi pada umumnya servis bisa dilakukan setiap sebulan sekali.

Hal – hal diatas wajib anda lakukan jika menginginkan kondisi motor honda CBR anda tetap dalam performa yang baik dan handal. Biasanya harga perawatan motor honda CBR membutuhkan banyak dana mengingat harga honda CBR yang tergolong lebih mahal. Melakukan perawatan tersebut jangan dilakukan di tempat sembarangan. Anda perlu menemukan bengkel yang mampu melakukan perawatan pada motor anda secara maksimal.  Berikut tips yang dapat anda ikuti untuk memilih bengkel yang baik.

Tips memilih bengkel motor honda CBR yang baik
a.     Anda dapat memilih bengkel resmi dari honda untuk melakukan perawatan terhadap kendaraan anda.
b.     Apabila terpaksa anda tidak dapat melakukan perawatan ke bengkel resmi honda. Pilihlah bengkel yang memiliki pelanggan banyak. Hal tersebut menentukan bahwa kualitas bengkel dipercaya oleh banyak orang.
c.     Rekomendasi dari teman anda. Biasanya pemilik motor honda CBR memiliki grup sesama pemilik. Dari grup tersebut anda dapat mendapatkan informasi bengkel perawatan yang baik dan murah.
d.     Pastikan bengkel tersebut memiliki sparepart original atau asli yang langsung suplai dari honda.

Nah, dengan demikian anda tidak perlu bingung lagi untuk melakukan perawatan motor honda CBR. Anda dapat melakukan perawatan di bengkel manapun asalkan sesuai dengan keyakinan dan 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »