Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memberikan ASI Eksklusif


Tidak hanya orang dewasa, bayi juga perlu mendapatkan asupan gizi setiap harinya. Perbedaannya, asupan gizi yang dibutuhkan orang dewasa tidak sama dengan bayi karena bayi belum dapat mengonsumsi makanan selayaknya orang dewasa. Untuk itu, setiap bayi perlu mendapatkan asupan gizi dengan cara memberikan ASI atau Air Susu Ibu kepada bayi yang baru lahir.

ASI Eksklusif merupakan hal penting yang dibutuhkan setiap bayi. Karena, ASI Eksklusif dapat membantu bayi yang baru lahir agar dapat memiliki asupan gizi yang optimal. Selain itu, ASI Eksklusif juga dapat membangun kedekatan antara bayi dan sang ibu sehingga sangat penting untuk diberikan kepada anak Anda yang baru lahir. Tapi, tahukah Anda bahwa pemberian ASI juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan? Ya, beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan saat memberikan ASI Eksklusif untuk anak Anda.

Nutrisi sang Ibu
Komposisi ASI yang Anda berikan kepada anak Anda akan memberikan nutrisi yang berguna untuk proses tumbuh kembangnya. Namun, tahukah Anda darimana nutrisi tersebut berasal? Ya, nutrisi tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu sehingga secara tidak langsung apa yang dikonsumsi oleh sang ibu akan dikonsumsi pula oleh anak yang disusui. Oleh karena itu, selalu perhatikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi agar nutrisi yang Anda berikan kepada anak Anda juga dapat optimal.

Usahakan Menyusui langsung
Untuk memberikan ASI, ada dua cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan cara menyusui secara langsung dengan mendekatkan mulut bayi ke puting susu atau dengan cara memberikan susu yang telah diperas sebelumnya melalui botol susu. Pemberian susu secara langsung sangat dianjurkan karena dapat mendorong anak Anda untuk mendapatkan stimulus dari proses menyusui. Selain itu, menyusui secara langsung juga dipercaya dapat membangun kedekatan antara sang ibu dan sang anak sehingga sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Menyimpannya secara tepat

Jika Anda tengah bepergian dan ingin memberikan ASI secara tidak langsung, maka Anda dapat memberikannya dengan cara menyimpan ASI tersebut terlebih dahulu. Pastikan Anda telah mengetahui cara menyimpan ASI yang tepat. Karena penyimpanan yang salah dapat menimbulkan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan bayi. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »